Program kerja

Program Kerja Rutin BAKASBIN Tahun 2013
1.    Monitoring / koordinasi bidang sejarah, seni dan budaya
2.    Pembinaan masyarakat Sejarah, Seni dan Budaya
3.    Pemeliharaan Situs
4.    Pengembangan sejarah, kesenian dan kebudayaan di setiap daerah
5.    Penyusunan, Pengkajian dan evaluasi data bahan informasi sejarah dan budaya serta kepariwisataan
6.    Pelatihan dan pembinaan bagi penggiat Sejarah, Seni dan Budaya, kerjasama antara BAKASBIN dan Instansi pemerintah terkait.

Perencanaan Program Kerja Rutin Tahun 2014
1.    Pendataan, Evaluasi, Monitorig dan Pengkajian Sejarah, Seni dan Budaya
2.    Pelaksanaan Pengawasan Situs, Benda dan Cagar Budaya baik telah diregistrasi ataupun yang belum diregistrasi serta yang masih dalam proses registrasi.
3.    Pelaksana informasi tentang benda dan situs cagar budaya yang bekerjasama dengan akademisi bidang Arkeologi, Sejarah dan Budaya serta instansi pemerintahan terkait.
4.    Melakukan Pelaksanaan Survey dan Pengawasan serta Penelitian terhadap Situs dan Benda Cagar Budaya yang terabaikan, rusak, maupun  yang hlang.
5.    Melakukan Pelayanan Pengaduan oleh kelompok ataupun individu masyarakat dan akademisi terhadap Perihal Sejarah, Seni, dan Budaya serta Situs Cagar Budaya.
6.    Memberikan Pelayanan Informasi kepada kelompok dan individu masyarakat ataupun akademisi tentang Sejarah, Seni dan Budaya. 
7.    Pelaksanaan Investigasi Peninggalan Harta, Benda Bersejarah dan Situs Cagar Budaya bekrjasama dengan Instansi Pemerintahan dan Swasta lainnya yang pelaksanaannya adalah Badan Investigasi Harta dan Benda Sejarah ( BINHARDAS ) yang dibentuk oleh BAKASBIN.

Perencanaan Program Kerja Rutin Tahunan 2014
1.    Melaksanakan Penyelenggaraan Pelatihan dan Seminar terkait dengan Sejarah, Seni dan Budaya.
2.    Meakukan Riset Komprehensif terhadap Sejarah, Seni dan Budaya yang terkait dengan Penelitian Situs dan Benda Cagar Budaya bekerjasama dengan akademisi dan pemerintahan terkait.