Organization Profile



Profil Lembaga 
  

 



   Profil Balai Kajian Sejarah dan Budaya Indonesia
  BAKASBIN




BAKASBIN adalah sebuah Lembaga Profesional yang bersifat Independen dan non partisan yang berkedudukan di Jalan Makmun Al Rasyid ( Brigjend Katamso ) No. 66 Medan – Sumatera Utara Indonesia, yang mempunyai semangat untuk ikut berjuang membantu dan mendampingi masyarakat serta pemerintah untuk dapat melakukan pengkajian, penelitian sehingga dapat memelihara, melindungi dan melestarikan Sejarah dan Cagar Budaya di seluruh Indonesia.
Bertekad memusatkan perhatian untuk menciptakan keberdayaan masyarakat dan profesional dalam bidang Sejarah,dan Sosial Budaya melalui berbagai macam program yang sesuai dengan kebutuhan.
Ikut memperjuangkan pembangunan tata ruang dan kelangsungan, perlindungan terhadap peninggalan sejarah dan budaya, khususnya optimalisasi lahan, struktur, benda, dan bangunan bersejarah,, konservasi peninggalan sejarah dan kebudayaan dalam menjaga keseimbangan guna kelangsungan pelestarian dan perlindungan asset bersejarah dan budaya tersebut di bumi Indonesia untuk jangka panjang.

Data Diri BAKASBIN :

Nama Lembaga adalah     : Balai Kajian Sejarah dan Budaya Indonesia                 ( BAKASBIN  ) adalah Lembaga Profesional.
Alamat                            : Jalan Makmun Al Rasyid ( Brigjend. Katamso ) No. 66 Medan.  SUMUT - INDONESIA Telepon 061 - 77677614
NPWP                              :  44.345.395.6-122.000
Rekening Bank                 :  Bank SUMUT_No.Rek : 136.02.04.001135-1
Akta Pendirian                 : 25 Tanggal 28 Februari 2012. Notaris oleh Bukhari, SH
S.K.T Kesbanglinmaspol    : ( Sedang dalam Proses Pengurusan ).


MAKSUD :

1.    Sebagai sarana untuk berpastisipasi di dalam penelitian, pengkajian, khususnya  dalam menggali , sejarah dan budaya Indonesia serta mengembangkan sumber daya di bidang sejarah dan kebudayaan.
2.    Berperan serta dalam kepedulian / memantau proses penelitian, pengkajian Sejarah dan Budaya, serta menunjang program pemerintah pada sektor wisata dan budaya bangsa serta sebagai konsultan terhadap asset sejarah seperti peninggalan benda – benda pubakala.
3.    Mengantisipasi dampak pengembangan dan pelestarian yang negatif terhadap Sejarah dan Budaya serta sosial kemasyarakatan,
4.    Menjadi mitra penyelenggaraan proses penelitian dan pengkajian dalam pemeliharaan dan pelestarian Sejarah dan Budaya serta sebagai penunjang program pemerintah.

TUJUAN:

1.    Mengkondusifkan perencanaan penelitian dan pengkajian yang mengacu pada nilai – nilai nomatif sebagai barometer Perlindungan, Pelestarian dan Pelurusan Sejarah dan Budaya.
2.    Menciptakan Kelangsungan dan Keseimbangan hasil penelitian dan pengkajian dalam Melindungi, memelihara serta melestarikan Aset Sejarah dan Budaya.
3.   Menjadi proteksi bangsa dari bentuk ancaman pihak luar ( asing ) berupa pencaplokan budaya bangsa, berdasarkan penelitian dan pengkajian sejarah dan budaya Indonesia..


FUNGSI

BAKASBIN sebagai Lembaga Penelitian, Kajian dan Pengawasan, Perlindungan Serta Pelestarian Sejarah dan Budaya



PERAN

BAKASBIN berperan sebagai Lembaga Penelitian dan Pengkajian  dalam  Perlindungan dan Pelestarian Aset Sejarah dan Budaya.
Wadah dan media bagi para prosional untuk membela, memperjuangkan serta memperkuat Sejarah dan Cagar Budaya menuju transformasi sosial ekonomi yang adil, demokratis, egaliter dan tidak berpihak.

NILAI – NILAI KELEMBAGAAN

Kami mengembangkan nilai – nilai kelembagaan yang menjadi budaya dalam keseharian, diantaranya :


v  Collaboration
Tak satu pun dari kita sepintar kita semua. Kami membuat dan jenius memanfaatkan kolektif dalam hidup kami yang berdetak dengan satu hati dengan orang lain, saya percaya dating bersama-sama adalah awal. Menjaga bersama adalah kemajuan. Bekerja bersama adalah kesuksesan.


v  Integrity
Selalu berdiri di atas prinsip, bahkan jika Anda berdiri sendiri. kami selalu berbicara kebenaran. Apa yang kami janjikan adalah apa yang kami sampaikan. kami hanya pernah membuat perjanjian dengan diri kami sendiri dan orang lain bahwa kami bersedia dan berniat untuk menjaga.

v  Accountability
Jika itu adalah untuk menjadi, itu terserah kepada kami. kami bertanggung jawab atas keputusan kami dalam kehidupan pribadi kami, jadi mengapa bukan kami sama bertanggung jawab dalam kehidupan pekerjaan kami.



v  Self - Critical
Bangga untuk kesalahan kami. Yang terpandai dari semua, menurut pendapat kami, adalah seseorang yang menyebut dirinya bodoh setidaknya sebulan sekali. kami akan berpikir, dan melihat, pekerjaan kami seolah-olah itu dilakukan oleh musuh kami. Jika kami melihat itu untuk mengaguminya, kami tersesat.


v  Fun
Ini semacam menyenangkan untuk melakukan hal yang mustahil. Kami hidup dan bekerja tapi kami tidak lupa untuk bermain, untuk memiliki hidup yang menyenangkan dan benar-benar menikmatinya.

v  Passion
Jika gairah mengendalikan anda, biarkan alasan memegang kendali. Ketika pekerjaan, komitmen, dan kesenangan semuanya menjadi satu dan kami akan mencapai bahwa sumur tempat tinggal gairah, tidak ada yang mustahil.

v  Speed
Kami tahu waktu klien kami sangat berharga, sehingga ketika mereka sedang mencari solusi, mereka ingin segera, kami akan menjaga kecepatan kami dalam pikiran dengan setiap tugas baru kami akan lakukan, kami terus bekerja untuk membuat semuanya dilakukan lebih cepat.

v  Excellence
Keunggulan adalah melakukan hal-hal yang biasa menjadi luar biasa baik. kami telah berfokus pada penyediaan pengalaman klien terbaik. Kami berhati-hati untuk memastikan bahwa semua pekerjaan kami pada akhirnya akan melayani Anda, bukan tujuan internal atau tujuan akhir kami sendiri.


Kami lebih banyak berperan pada karya nyata
tidak hanya sekedar kampanye dan mengkritisi.


Kegiatan Umum
Secara umum, kegiatan BAKASBIN  terfokus pada bidang kajian dan penelitian tentang sejarah dan cagar budaya, pendidikan, serta pencegahan munculnya masalah sosial, pelatihan-pelatihan, pembinaan mental spiritual, penanggulangan pengrusakan asset – asset / peninggalan bersejarah, dan bidang kebudayaan, kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi warga negara, masyarakat dan negara.
Kegiatan Utama.
Pengkajian, Penelitian, yang mengacu pada Pemeliharaan, Perlindungan, dan Pelestarian Sejarah dan Cagar Budaya seluruh Indonesia, Usaha Kecil, Revitalisasi Bangunan, Struktur, Benda Bersejarah, Moralitas Sosial, dan Sektor Informal.
Kegiatan Penunjang.
Penyelenggaraan Seminar Sehari “ Seni Tari Zapin “ dalam acara Medan Art Festival bekerjasama dengan Sanggar Tari Semendai Bina Budaya Kota Medan.

Medan, 18 Desember 2013
BALAI KAJIAN SEJARAH DAN BUDAYA INDONESIA
( BAKASBIN )








SATIA BASA DALIMUNTHE ,SS                        YUAN PASARIBU
DIREKTUR EKSEKUTIF                          SEKRETARIS JENDERAL